Kehilangan smartphone adalah salah satu hal yang paling menyebalkan yang pernah saya alami dan mungkin juga anda. Selain merugi secara materi, kita bisa saja kehilangan data berharga yang ada di dalam smartphone. Dokumen-dokumen penting, informasi pribadi, akun media sosial, atau foto-foto reuni dari beberapa tahun lalu akan hilang begitu saja — kecuali jika kamu menggunakan layanan cloud untuk membuat backup dari data yang kamu miliki.

Untuk membantu kamu melacak hp yang hilang, Apple meluncurkan layanan Find my iPhone. Bagi para pengguna Android, kamu memiliki aplikasi yang bernama Android Device Manager. Hampir sama dengan Find my iPhone di iOS, aplikasi ini juga mampu menemukan lokasi smartphone kamu serta melakukan berbagai operasi lain yang berfungsi mengamankan data ketika ponselmu hilang.

berbicara tentang ADM, Can Creative akan mengulas sedikit apa si Android Device Manager

Mengenal Android Device Manager

Android device manager merupakan aplikasi perangkat ciptaan pengembang terpopuler yaitu google inc. dimana aplikasi itu sangat penting sekali untuk meghandle pencarian, mengunci HP jarak jauh, maupun mereset dan menghapus data jarak jauh via jaringan internet. Android Device manager ( ADM ) bisa sangat vital fungsinya bila suatu saat nanti ponsel android sobat hilang atau lupa menaruhnya dimana. bahasa enaknya begini, bila ponsel dicuri,hilang, atau lupa menempatkan di suatu tempat maka ponsel bisa ditemukan kembali melalui aplikasi ADM ini. walaupun ponsel dalam keadaan silent profil, si ponsel bisa dideringkan dengan volume maksimal dari jarak jauh. fungsi lainnya ADM juga dapat mengunci HP android serta menghapus seluruh data dengan sekali sentuh dari jarak jauh juga.

Apa saja yang dapat dilakukan oleh aplikasi pelacak Android ini?

Melacak posisi smartphone kamu

ADM mampu melacak keberadaan smartphone yang hilang dengan memanfaatkan kemampuan geolocation yang ada pada perangkat Android. Walaupun pelacakan ini terkadang kurang akurat, setidaknya pengguna akan mendapatkan gambaran lokasi terakhir di mana ponsel mereka berada.

Membunyikan hp kamu walaupun dalam mode silent

Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk menemukan lokasi smartphone di tempat yang tersembunyi. Apabila kamu seperti saya, yang terkadang lalai meletakkan smartphone di tempat yang tidak semestinya (di dalam kulkas misalnya, true story), kamu dapat menggunakan aplikasi ini untuk membunyikan nada dering pada smartphone walau hp dalam keadaan silent/sunyi sekalipun. Nada dering yang kencang selamat 5 menit tentunya akan mempermudah proses pencarian ponsel.

Mengunci smartphone sehingga tidak bisa diakses orang lain

Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengunci smartphone pengguna. Apabila ponsel yang hilang tidak menggunakan kunci layar (lock screen), fitur ini adalah hal pertama yang harus diaktifkan sebelum data pengguna dapat diakses oleh orang lain.

Menghapus isi smartphone kamu

Apabila kamu telah melakukan seluruh langkah di atas namun masih belum membuahkan hasil, sepertinya kamu memang harus mengikhlaskan hilangnya smartphone kamu. Tetapi sebelum itu, kamu dapat menghapus seluruh data yang ada di dalam smartphone yang hilang agar tidak diakses orang lain. Ya, ADM dapat melakukan hal tersebut.

Bagaimana cara kerjanya?

Android Device Manager bekerja melalui koneksi TCP rendah latency antara perangkat Android dengan server Google. Melalui koneksi ini, ADM dapat mengirimkan sebuah instruksi kepada smartphone yang akan dibalas dengan informasi tertentu untuk digunakan dalam menentukan lokasi serta melakukan operasi lainnya.

Syarat untuk dapat menggunakan?

Sebelum kamu menggunakan ADM untuk melacak lokasi smartphone, ada empat hal penting yang harus diperhatikan, antara lain:

  1. Kamu harus mengingat detail akun Google pada ponsel yang ingin dilacak serta kata sandinya. Informasi akun ini akan digunakan untuk melakukan login pada aplikasi/situs ADM.
  2. Perangkat mobile kamu harus terhubung dengan internet — baik menggunakan paket data maupun dengan Wifi.
  3. Kamu telah mengaktifkan ADM/Pengelola Perangkat Android di dalam Settings (Setelan) -> Security (Keamanan) -> Device administrator (Administrator perangkat).
  4. Apabila kamu belum pernah menggunakan aplikasi ini sebelumnya, kamu harus mengizinkan perangkat Android kamu agar dapat diakses dari jarak jauh.

Cara Menggunakan ADM

Kamu dapat menggunakannya dengan dua cara: dengan mengunduh aplikasi ini pada perangkat Android lain, atau melalui situsnya. Lakukan login dengan akun Google smartphone tujuan.Setelah berhasil login, ADM akan langsung melakukan deteksi lokasi smartphone tujuan pada peta yang ada di layar. Bila ponsel target belum terdeteksi, kamu dapat menekan tombol yang ada di sebelah kanan ikon pensil untuk melakukan deteksi lokasi secara manual.

Bonus untuk yang menggunakan aplikasi Android Device Manager yaitu berupa fitur perlindungan terhadap perangkat Android dari serangan aplikasi asing. Sebelum menginstal aplikasi asing, akan terdapat pop-up yang menyarankan melakukan scanning terhadap aplikasi yang akan diinstal tersebut. Itulah beberapa jabaran mengenai aplikasi Android Device Manager dan fungsinya, semoga bermanfaat…