Di era millenial ini atau generasi zaman now, pastinya sudah tidak asing lagi sama yang namanya smartphone. Ya benar, hampir semua orang sudah mengenal dan menggunakannya. Di dalam smartphone kita, banyak fitur yang mendukung sehingga para pengguna nyaman dan asik menggunakannya. Salau satu fitur tersebut yaitu aplikasi. Aplikasi sangat mempermudah dan mempercepat kebutuhan user. Kita dapat mengunduh dan menginstall aplikasi dari App Store, sebagai contoh yaitu Google Play Store. Namun, banyaknya aplikasi di Play Store terkadang justru membuat user bingung dalam memilih mana aplikasi yang cocok untuk di install di smartphone mereka. Tak heran juga, karena cepatnya update dan perubahan pada aplikasi, terkadang user menghapus aplikasi di smartphone mereka demi aplikasi yang terbaru. Lalu apa sih sebenarnya alasan mereka mengahapus aplikasi (uninstall) dari smartphone mereka? Berikut beberapa pendapat mengenai alasan mereka :


Membutuhkan banyak memori .

Terkadang aplikasi yang lagi update dan viral banyak diminati orang. Namun tak sedikit dari aplikasi tersebut mempunyai kapasitas yang besar, sehingga memakan banyak memori di smartphone kita.Karena kebanyakan orang lebih memilih aplikasi yang serupa namun dengan kapasitas yang tidak terlalu besar. Itu menjadi alasan beberapa orang untuk menguninstall aplikasi dari smartphone mereka.


Kebutuhan yang hanya bersifat sementara atau aplikasi sudah tidak berfungsi lagi bagi user.

Sebagian orang ingin memasang aplikasi di smartphone mereka jika dibutuhkan, dan apabila sudah tidak dibutuhkan lagi maka mereka akan menghapusnya. Dalam hal ini aplikasi yang terpasang hanya bersifat sementara di smartphone mereka. Contohnya saja aplikasi untuk membeli tiket pesawat, maka user akan menginstall aplikasi tersebut untuk memesan tiket pesawat. Namun setelah semua selesai, user menganggap aplikasi tersebut kurang berfungsi di smartphone mereka, sehingga aplikasi tersebut dihapus dari smartphonenya.

Desain aplikasi yang kurang menarik.

Banyak pengguna yang selalu memperhatikan desain dari suatu aplikasi, apakah suatu aplikasi itu mempunyai tampilan yang menarik dan memudahkan pengguna dalam memakainya? Jika sang pengguna tidak merasakan itu, maka dengan mudahnya mereka menghapus aplikasi di smartphone mereka.


Terlalu banyak iklan.

Pengguna smartphone akan menguninstall aplikasi di smartphone mereka jika suatu aplikasi terlalu banyak iklan yang mengganggu, tentunya itu membuat pengguna tidak nyaman. Meskipun sekarang sudah ada beberapa aplikasi yang menyediakan fitur untuk menghapus iklan, namun kebanyakan juga memerlukan langkah yang sedikit rumit yang membuat pengguna enggan melakukannya. Bahkan, mereka lebih memilih menghapus aplikasi dan mencoba aplikasi lain.

Kita semua tahu bahwa masing-masing smartphone mempunyai daya tahan dan kekuatan baterai yang berbeda. Para pengguna yang tidak suka baterai smartphone teralu cepat habis, maka mereka akan menguninstall aplikasi yang ada. Karena tidak dipungkiri juga, bahwa beberapa smartphone dengan banyak aplikasi yang berjalan akan menjadi boros baterai.

Alur Pendaftaran Yang Ribet

Beberapa aplikasi banyak yang menginginkan informasi lengkap dari para penggunanya, sehingga pengguna diharuskan untuk mendaftar terlebih dahulu. Namun, para pengguna lebih memilih menghapus aplikasi apabila proses pendaftaran yang diinginkan terlalu ribet atau berbelit-belit.

Nah, itu beberapa alasan mengapa para pengguna menghapus aplikasi dari smartphone mereka. Apakah kalian juga mempunyai alasan yang sama seperti di atas? Atau mungkin punya alasan yang lain?

Dengan adanya beberapa alasan tersebut, maka itu sangat bermanfaat serta menjadikan PR yang besar buat para developer untuk membangun dan mengembangkan suatu aplikasi yang lebih bagus dan menarik lagi. Sehingga tidak menimbulkan beberapa alasan para pengguna untuk menghapus aplikasi dari smartphone mereka.