Aplikasi mobile sekarang tak asing lagi terdengar di telinga masyarakat. Jika anda berpikir bahwa aplikasi mobile (seperti aplikasi Android dan aplikasi iOS) semata-mata untuk merek-merek besar, maka anda salah. Semakin banyak bisnis kecil dan menengah yang mengikuti trend ponsel dan memahami bahwa strategi mobile yang efektif melibatkan lebih dari hanya sekedar website yang mobile friendly. Bahkan saat ini, Anda akan melihat bahwa banyak usaha kecil yang berinteraksi dengan kehidupan sehari-hari memiliki aplikasi mobile khusus untuk mereka sendiri. Perusahaan-perusahaan ini selangkah lebih maju dalam hal membawa strategi pemasaran mereka ke tingkat berikutnya.

Jika Anda masih tidak yakin mengapa ada orang yang ingin membangun platform mobile mereka sendiri, berikut ini adalah manfaat unggulan dalam menggunakan aplikasi mobile bagi bisnis Anda.

Membuat Saluran Pemasaran Langsung

marketing atau pemasaran

Aplikasi mobile  mempunyai banyak fungsi: mereka dapat memberikan info secara umum, harga, bentuk pemesanan, fitur pencarian, account pengguna, messenger, news feed, dan banyak lagi.Salah satu manfaat terbesar dari memiliki aplikasi mobile adalah bahwa semua informasi yang ingin anda berikan kepada pelanggan Anda akan terarah secara langsung, termasuk penjualan khusus dan promosi tepat di ujung jari mereka. Melalui push notification Anda akan lebih mendekati interaksi secara langsung, dan dapat dengan mudah memberikan informasi kepada pelanggan anda tentang produk dan jasa anda.

Memberikan Nilai Lebih Untuk Pelanggan Anda

penghargaan pelanggan

Berbicara tentang informasi yang tersedia, bagaimana dengan digitalisasi  program loyalitas yang anda miliki saat ini? Alih-alih menggunakan cara lama seperti mengumpulkan poin pada kartu, buatlah agar memungkinkan bagi pelanggan Anda untuk mengumpulkan hadiah mereka melalui aplikasi mobile Anda. Hasilnya? Lebih banyak download dan pelanggan yang kembali untuk berbelanja. Jika aplikasi Anda memberikan setidaknya hadiah kecil untuk pelanggan maka secara tidak langsung aplikasi Anda akan banyak yang men-download dan secara otomatis akan meningkatkan kepercayaan pelanggan  terhadap bisnis Anda bukan?

Membangun Merk dan Pengenalan Merek

pengenalan merk

Sebuah aplikasi mobile untuk bisnis Anda dapat memberikan kontribusi mengenai kesadaran merek Anda. Berikut ini adalah dua aspek kombinasi yang akan membuat aplikasi anda tampil lebih baik:

Merek: Sebuah aplikasi mobile dapat diumpamakan sebagai billboard kosong. Anda dapat melakukan apa yang Anda inginkan dengan itu. Tapi apa yang Anda benar-benar harus lakukan adalah membuat sebuah aplikasi yang memiliki fitur yang disukai pelanggan dan juga didesain dengan baik.

Pengenalan : Semakin sering Anda membuat pelanggan terlibat dengan aplikasi Anda,  mereka akan cenderung semakin cepat untuk membeli produk dan / atau jasa Anda .

Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan

interaksi pelanggan

Apapun bentuk bisnis Anda, pelanggan perlu cara untuk terhubung dengan Anda. Memiliki fitur pesan (help desk) dalam aplikasi Anda benar-benar dapat membuat perbedaan dalam cara Anda berkomunikasi dengan pelanggan Anda. Komunikasi yang baik serta mudah dilakukan tentunya akan membuat pelanggan lebih tertarik.

Lebih Menonjol Dalam Kompetisi

Kompetisi

Saat ini aplikasi mobile di tingkat usaha kecil masih jarang, dan ini adalah di mana anda dapat mengambil lompatan besar di depan pesaing Anda. Jadilah yang pertama di lingkungan Anda untuk menawarkan aplikasi mobile untuk pelanggan Anda.

Sekarang bahwa Anda telah mengetahui manfaat dari aplikasi mobile untuk bisnis Anda, apakah Anda tertarik untuk memulainya?