Kita menyadari bahwa perkembangan Digital Marketing di tahun 2016 bisa dikatakan cukup dinamis. Hal ini dikarenakan semakin banyak marketer yang mengandalkan Digital Marketing sebagai salah satu strategi untuk mendongkrak kinerja brand mereka, baik dari sisi awareness, reputasi, maupun sales. Digital Marketing merupakan strategi pemasaran yang luas, kompleks dan cepat berkembang.

Tidak hanya fashion, gaya rambut, dan life style saja yang memiliki trend di setiap tahunnya. Perkembangan trend juga berlaku di dunia digital khususnya Digital Marketing. Jika kita melihat pergerakan industri Digital Marketing di tahun 2016, akan ada beberapa trend yang bisa diandalkan dan akan mendominasi platforms Digital marketing di tahun 2017. Sejatinya, trend-trend ini akan menjadi dasar untuk marketer merancang strategi pemasaran untuk brand mereka.

Apa saja trend tersebut? Simak bahasan selengkapnya dibawah ini.

Video Advertising

Konten memang masih menjadi fokus utama para marketer dalam merancang strategi Digital Marketing. Kehadiran creator Youtube ditahun 2016 menjadi masa kejayaan bagi raksasa media sosial video yang satu ini. Para Youtuber dan Vlogger akan mengubah seluruh spektrum iklan secara online yang dimana hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan penerimaan dari iklan video antara user dan advertiser.

Tentu peluang ini bisa dimanfaatkan di dunia Digital Marketing. Mengingat teks dan gambar saja tidak cukup untuk menarik perhatian konsumen. Sebenarnya iklan yang selama ini tayang di televisi, dapat ditampilkan secara lebih menarik dan interaktif lewat konten video di media digital. Bahkan yang lebih menarik lagi, brand dapat mengintegrasikan konten iklan di televisi dengan konten video di media digital.

Jadi bagi para marketer, konten video dapat menjadi senjata ampuh untuk strategi pemasaran brand Anda.

Mobile dan Gadget akan Mendominasi Desktop 

Seperti halnya kejayaan Youtube, tahun lalu juga merupakan tahun yang besar bagi industri mobile. Melihat pergerakan Google dimana hampir menendang keluar semua situs website yang tidak mobile friendly atau yang tidak bisa dioptimalkan untuk mobile. Kehadiran mobile dan gadget yang semakin bervariasi menunjukkan bahwa pengguna desktop mulai mengalami penurunan jika dibandingkan dengan pengguna mobile dan gadget.

Pemasaran digital melalui mobile sudah marak terjadi sejak satu hingga dua tahun terakhir. Hal ini seiring dengan perkembangan Smartphone yang terus meningkat tiap tahunnya. Tahun 2017, keterlibatan konsumen lewat mobile atau mobile interaktif akan menjadi lebih penting. Salah satu contoh yang paling popular saat ini adalah Mobile Advertising yang dimana pemasaran iklan dapat dilakukan melalui Smartphone. Jika Anda telah membaca artikel kami sebelumnya yang berjudul “The Latest Trend of Digital Marketing “Tahun 2017, Share iklan Digital diprediksi akan Menyalip Televisi“ Anda akan mengetahui mengapa Mobile Advertising sangat penting untuk menunjang bisnis Anda.

Dan sepertinya tahun ini akan menjadi tahun kejayaan bagi Mobile Digital Marketing. Bagi Anda para marketer tentu harus bisa memanfaatkan peluang ini sebaik mungkin mengoptimalkan website Anda untuk versi mobile, karena yang menjadi prioritas utama di tahun 2017 bagi pemasar digital adalah Mobile Digital Marketing.

Mobile Apps akan Semakin Banyak Berkembang

Manfaat Mobile Apps Untuk Kebutuhan Manusia

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, saat ini hampir seluruh penduduk Indonesia telah menggunakan Smartphone sebagai sarana utama dalam komunikasi dan informasi. Disamping itu tentu Smartphone membutuhkan komponen pendukung untuk memaksimalkan penggunaannya dan tentu untuk mempermudah aktivitas pengguna. Komponen yang paling utama dalam Smartphone adalah Mobile Apps atau aplikasi mobile. Hadirnya Mobile Apps memberikan angin segar bagi para pengguna Smartphone. Pasalnya kegunaan Mobile Apps sangat membantu aktivitas manusia dalam ruang lingkup yang luas. Misalnya seperti pembayaran online, belanja online, aplikasi penunjuk arah, dan yang paling popular saat ini adalah pemanfaatan Mobile Apps untuk menjalankan bisnis. Saat ini banyak pembisnis atau marketer yang berinteraksi dengan client mereka melalui Mobile Apps yang dirancang khusus untuk mereka sendiri. Dan perusahaan-perusahaan seperti inilah yang strategi marketingnya selangkah lebih maju ke level berikutnya.

Dari sini kita bisa melihat, bahwa kehadiran Mobile Apps sangat berpengaruh besar bagi kehidupan manusia sekarang. Banyak hal yang dapat kita lakukan menggunakan Mobile Apps untuk mempermudah pekerjaan kita, terutama bagi para pembisnis dan marketer. Mobile Apps akan secara khusus menawarkan semua fitur dari situs web untuk mobile dengan cara yang lebih intuitif dan dapat diakses dengan mudah. Sekarang, bagi Anda pemilik bisnis harus menyadari pentingnya Digital Marketing khususnya dalam pengembangan Aplikasi Mobile.

AR & VR Technology

Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) akan menjadi trend Digital Marketing di tahun ini. Hal tersebut ditandai dengan sukses dan fenomenalnya peluncuran dua produk perrmainan Pokemon Go dan DayDream Google. Keduanya merupakan puncak arus kemajuan dari AR dan VR. Kedua teknologi ini akan banyak dimanfaatkan para marketer untuk melakukan branding yang mampu melibatkan konsumen di media digital.

Social Convertion

Sudah saatnya bagi anda pemilik bisnis dan marketer untuk memanfaatkan platform Social Media sebagai salah satu strategi untuk memasarkan bisnis anda. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Social Media akan terus berkembang dan menjadi popular di tahun 2017. Bahkan bagi para developer website, anda bisa memanfaatkan Social media untuk mengoptimalkan trafik website anda di mesin pencari seperti Google (baca: “Cara Ampuh Meningkatkan Trafik Website Melalui Social Media”).

Konten yang Unik dan Berkualitas Tinggi Menjadi Kunci

Konten sering disebut “Raja” dalam dunia Marketing dan akan tetap menjadi “Raja” bagian terpenting dari setiap Digital Marketing Campaign di tahun-tahun mendatang. Munculnya konten berbasis video justru akan membuat digital konten menjadi lebih kompetitif. Yang menjadi perhatian disini adalah, banyak konten yang hanya berfokus pada mesin pencari atau (SEO Friendly) dan tidak memperhatikan kepuasan pengunjung (Human Friendly). Sebaiknya ciptakan konten yang tidak hanya SEO friendly melainkan juga harus Human Friendly.

Experiential Marketing

Trend IoT, dimana semua perangkat dapat terhubung dengan mobile, mendorong terciptanya experiential marketing. Oleh karena itu, digital advertising akan mengarah pada hal-hal yang mampu menawarkan pengalaman yang berarti kepada konsumen. Sebagai contoh, iklan dengan format 3D yang memiliki kesal riil atau nyata. Yang perlu anda ingat, iklan digital harus mampu memberikan pengalaman kepada pengunjung, bukan hanya sekedar pesan merek.

Using All the Big Data

Penggunaan Big Data pada Digital Marketing untuk Pemetaan Pangsa Pasar

Kemampuan internet menyimpan dan mentransfer miliaran informasi yang dimiliki oleh semua penggunanya, dapat memberikan profil personal tentang orang-orang tersebut dikenal dengan istilah “Big Data”. Dalam dunia marketing, analisis big data ini dapat dimanfaatkan untuk mengidentifikasi perilaku seseorang dalam berinteraksi dengan internet.

Menurut riset yang dilakukan IBM Indonesia, bahwa 80% konsumen bersedia memberikan data-data pribadi mereka untuk mendapatkan personalisasi informasi. Tentu saja informasi tersebut akan menghasilkan data yang besar, kemudian dapat dianalisis untuk memprediksi perilaku mereka saat berinteraksi dengan internet. Berbagai teknologi pun telah tersedia, sehingga brand dapat dengan mudah melakukan profiling terhadap konsumen. Dengan demikian, para marketer dapat menggunakan Big Data untuk kebutuhan pemetaan pangsa pasar mereka.

Dengan adanya trend Digital Marketing tahun 2017 ini, anda sebagai pelaku digital marketing, pasti sudah menentukan trend-trend apa saja yang akan menjadi andalan untuk menunjang strategi pemasaran bisnis anda.

Lalu, trend manakah yang akan menjadi prioritas anda? Andalah yang menentukannya…