Bagi para pengguna internet,  akun adalah hal yang wajib dimiliki oleh setiap pengguna internet. Dengan memiliki akun, kita dapat membuka akun pribadi kita. Bagian terpenting yang harus diperhatikan pada akun kita adalah password. Password merupakan kunci utama untuk masuk ke dalam akun kita.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat dan canggih, beberapa orang menyalahgunakan perkembangan teknologi dengan melakukan peretasan atau pembobolan akun. Hacker adalah sebutan untuk peretas atau pembobolan akun melalui password. Sangatlah beresiko tinggi ketika password kita bisa diretas dan jatuh ke tangan Hacker. Bisa jadi akun kita disalahgunakan untuk kepentingannya sendiri.

Apakah anda yakin password yang anda miliki aman dari peretasan Hacker? Disini CAN Creative akan memberikan tips untuk mengetahui apakah password yang kita miliki pernah di retas oleh Hacker atau belum. CAN Creative menemukan sebuah website yang berfungsi untuk mengecek sebuah akun. Bukalah situs website Haveibeenpwned.com, situs website Haveibeenpwned.com  adalah sebuah situs untuk mengecek sebuah akun, terutama password. Situs ini sangat bermanfaat untuk kita karena dengan situs ini kita dapat mengetahui apakah password yang kita miliki masih tahap aman atau sebaliknya.

Berikut ini adalah cara mengetahui apakah password kita pernah di retas atau dibobol oleh Hacker :

  1. Bukalah situs Haveibeenpwned.com
  2. Ketik password anda pada kolom kotak lalu enter
  3. Jika setelah di enter muncul “Good news — no pwnage found!” maka password anda aman dan belum pernah diretas oleh Hacker
  4. Jika setelah di enter muncul “Oh no – pwned!” maka password anda terancam bahaya karena Hacker pernah meretas dan masuk menggunakan password anda

Untuk itu, bagi password anda yang masih terancam bahaya dan sudah pernah diretas oleh Hacker alangkah baiknya anda harus segera mengganti password anda. Dan bagi anda yang memiliki password belum diretas atau masih tahap aman dari Hacker lebih baik anda juga menggantinya dengan karakter password yang lebih kuat.

Sebagai pengguna internet yang aktif, sebaiknya kita menggunakan internet dengan lebih baik dan lebih berhati-hati. Manfaatkanlah perkembangan teknologi untuk berinovasi dengan positif. Semoga  tips dari Can Creative ini dapat bermanfaat untuk anda, terima kasih.