Where do you start if you want to develop an digital marketing strategy?

Apakah Anda memiliki strategi pemasaran digital?

Dibalik terus melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika, terdapat geliat-geliat UKM Indonesia yang terus melakukan berbagai cara untuk membesarkan dan melebarkan bisnis mereka. Jumlah UKM di Indonesia sendiri jumlahnya terus bertambah. Menurut data BPS tahun 2015, jumlah UKM sudah mendekati angka 99.98% atau sekitar 55 juta UKM dari total unit usaha yang ada di Indonesia. Akan tetapi dari total angka fantastis itu, hanya sebesar 0.14% saja yang sudah Go-Online.

2016 Update: Sejak 2012 telah di jalankan jajak pendapat informal untuk melihat seberapa luas strategi pemasaran digital yang digunakan digunakan. Hasil penelitian menunjukkan beberapa perbaikan besar selama bertahun-tahun. Beberapa tahun yang lalu ditemukan sekitar dua-pertiga sampai tiga perempat banyak perusahaan atau yang tidak memiliki rencana pemasaran digital. Sekarang jumlah itu telah menyusut hingga 44% dalam survei terbaru, masih cukup tinggi, tetapi berarti banyak perusahaan yang tidak melakukan strategi digital. 

Sisanya?

Dengan berkembangnya teknologi dan pertumbuhan persaingan antara UKM, bisnis kecil dan besar saat ini mulai berlomba-lomba melakukan berbagai cara untuk tetap bertahan. Di era digital seperti saat ini seorang pebisnis memerlukan teknik digital marketing untuk tetap bertahan dalam bisnis saat ini, berkompetisi dengan para kompetitor dan juga untuk membesarkan bisnis.

Saat ini Anda pasti bertanya-tanya, kenapa harus digital marketing yah? Apakah benar digital marketing memang efektif untuk membantu bisnis saya nanti? Tak perlu risau tak perlu gundah akan hal tersebut, alasan inilah yang akan menjawab dan membuat kita bergumam, inilah yang benar-benar kita perlukan saat ini.

A. You’re Directionless

Perusahaan tanpa strategi digital (dan banyak yang melakukan) tidak memiliki tujuan strategis yang jelas untuk apa yang ingin mereka capai secara online dalam hal mendapatkan pelanggan baru atau membangun hubungan yang lebih dalam dengan yang sudah ada. Dan jika Anda tidak memiliki tujuan, Anda mungkin tidak menempatkan sumber daya yang cukup untuk mencapai tujuan, dan jika anda tidak mengevaluasi melalui analisis apakah anda mencapai tujuan tersebut.

B. Menghemat Budget Marketing

Biasanya bisnis skala kecil hanya memiliki sedikit resource. Inilah mengapa digital marketing yang mampu menyediakan chanel marketing yang lebih baik dan dengan biaya yang lebih sedikit.

CAnda bisa fokus pada value utama bisnis anda

Marketing sebagus apapun tidak ada artinya jika produk/jasa yang anda miliki tidak memiliki value yang kuat, maka dari itu anda sebagai pemilik bisnis harus betul-betul fokus dengan value utama brand anda yaitu membuat produk/layanan yang luar biasa. Tentunya akan kurang efektif jika anda harus membagi fokus antara marketing dan produk, bahkan walaupun anda/tim anda bisa melakukannya, pada akhirnya anda mengorbankan value utama bisnis/brand anda yaitu menciptakan layanan/produk yang berkualitas.

DBisnis anda akan dimarketingkan secara profesional

Digital marketing itu kompleks, karena itulah kehadiran  diperlukan. Pastinya setiap Perusahaan yang menerapkan Digital marketing sudah dibekali dengan pengetahuan yang mendalam mengenai dunia digital marketing baik itu branding, SEO, digital ads, social media,dan lain-lain.

Walaupun anda memahami dengan baik tentang digital marketing, you sacrifice what makes you great in the first place, anda mengorbankan value awal dari produk/jasa yang anda berikan, ingat bahwa waktu, perhatian, dan tenaga anda terbatas, anda tidak bisa melakukan segala-galanya sendiri, karena itu anda perlu strategi handal yang mampu mengangkat brand anda

E. Menghasilkan Keuntungan yang lebih Maksimal

Jelas dengan biaya marketing yang efektif akan menghasilkan profit untuk bisnis anda secara jangka panjang mulai dari penjualan/sales sampai brand awareness. Dengan digital marketing akan memberikan laporan performa/kinerja dari strategi marketingnya sehingga andapun juga bisa mengetahui bagaimana perkembangan bisnis anda secara bertahap,

F. Memberikan Konversi

Suatu marketing bisnis online dapat di ukur kesuksesannya dengan cara dihitung persentase dari traffict yang dapat di konversikan menjadi lead magnet, subsciber dan sale. Digital marketers, yakni yang melakukan digital marketing, memiliki prioritas tersendiri yakni optimasi dari konversi, content marketing, sosial media dan brand itu sendiri.

G. Meningkatkan CTA (Call To Action)

Digital marketer dapat membuat cara yang pintar dan inovatif untuk menarik konversi menggunakan calls to action (CTA). CTA sendiri bisa berupa sign up, like, download, call ataupun buy. Semakin baik CTA yang Anda berikan, semakin banyak pula orang yang akan terjaring untuk mengambil action dan akhirnya akan menguntungkan Anda.

H. Membantu Menghasilkan Pendapatan Yang Lebih Baik

Tingginya tingkat konversi dapat dihasilkan dari teknik digital marketing yang efektif.  Menurut data Google, perusahaan yang menggunakan strategi digital marketing memiliki ekspektasi pertumbuhan pendapatan 2.8 kali lebih baik. Dan bagi bisnis skala kecil dan medium yang menggunakan teknik digital marketing memiliki peluang membesarkan bisnisnya 3.3 kali lebih baik.

Setelah melihat alasan diatas, selanjutnya Anda jangan hanya terfikir untuk menerima data-data tersebut begitu saja. Tidakkah semangat Anda berkobar-kobar untuk mempelajari digital marketing? Pelajari banyak hal dari pebisnis sukses lainnya dengan membaca artikel selanjutnya dan dapatkan rahasia pebisnis dalam membangun dan mengembangkan bisnisnya.