Semua developer website pasti ingin memiliki website dengan trafik yang terus mengalami peningkatan. Segala carapun ditempuh, mulai dari optimalisasi SEO, membuat konten-konten yang berkualitas, hingga mencari kanal distribusi yang cocok untuk meningkatkan trafik website mereka. Salah satu kanal distribusi yang sedang populer saat ini adalah Social Media.

Ya, jika kita bicara tentang Social Media tentu tidak akan ada habisnya. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan lewat Social Media seperti belajar, bekerja, rekreasi, bisnis, marketing dan lain-lain. Bahkan ada yang mengatakan bahwa Social Media  adalah salah satu penentu kesuksesan sebuah website atau blog. Social Media mampu menghubungkan antara informasi dengan pembaca.

Pengaruh Media Social di Indonesia

Sesuai dengan data survei yang dilakukan oleh Asosisasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII) sepanjang tahun 2016 dari total 256,2 juta penduduk Indonesia 132,7 juta orang diantaranya telah terhubung ke Internet. Data ini mengungkapkan bahwa lebih dari separuh penduduk Indonesia telah terhubung ke internet. Berdasarkan konten yang paling sering dikunjungi, APJII mencatat lebih dari 50% pengguna internet mengunjungi web berbasis Social Media. Tentunya presentase ini diperkirakan akan bertambah di tahun 2017.

Fakta menarik lainnya yang bisa dilihat dari data pertumbuhan pengguna internet dan Social Media adalah pengguna televisi semakin mengalami penurunan. Rata-rata konsumsi masyarakat terhadap televisi menurun seiring dengan banyaknya layanan internet yang disediakan untuk mengakses berbagai situs di internet. Mulai dari kalangan tua, muda, pria, wanita, dewasa, bahkan hingga anak-anak lebih menyukai menggunakan internet dan Social Media dibandingkan dengan menonton televisi.

Lalu yang menjadi pertanyaan, mengapa Social Media dijadikan sebagai kanal distribusi untuk meningkatkan trafik pada website? Apakah langkah ini akan berhasil meningkatkan peringkat website anda?

Mengapa Social Media?

Tidak diragukan lagi bahwa Social Media memiliki pengaruh besar dalam aktivitas kita sehari hari. Baik di dunia bisnis, pendidikan bahkan traveling pun dapat kita lakukan dengan melibatkan Social Media. Tak terkecuali dengan optimalisasi website. Kini anda bisa memanfaatkan kanal distribusi yang satu ini untuk meningkatkan trafik pada website anda.

Mari kita simak selengkapnya disini.

Cara Meningkatkan Traffic Website Melalui Social Media

Bangun Fan Base atau Basis Follower

Audiens merupakan point penting jika anda ingin optimalisasi website anda melalui Social Media. Jika anda ingin mendistribusikan konten, pastikan audiens yang ada pada Social Media anda mencukupi. Jika audiens di Social Media anda dirasa kurang, anda bisa follow up terlebih dahulu untuk sedikit berinvestasi pada followers di Social Media yang anda miliki. Point yang perlu anda ingat, semakin banyak audiens maka semakin besar pula konten anda akan di baca dan di-share.

Kenali karakter audiens di Social Media

Kenali audiens yang menjadi followers di Social Media anda. Caranya tidaklah sulit. Misal anda menggunakan Social Media Facebook. Sebagai admin halaman, anda pasti memiliki akses untuk melihat Facebook insight audiens. Dari situ, anda bisa mendapatkan informasi mengenai audiens. Ini bisa menjadi bekal yang tepat untuk memilih konten yang didistribusikan. Dengan menghadirkan konten sesuai kebutuhan audiens, tentu secara tidak langsung akan berdampak pada trafik website anda.

Lakukan Link Building dengan Akun Social Media Anda

Bukan rahasia lagi bahwa link building memiliki peranan yang sangat penting untuk SEO. Di era SEO modern, link di Sosial Media dianggap berkualitas tinggi dibandingkan dengan jenis link social bookmark yang semakin menurun nilainya. Dan mungkin ini bukan pertama kalinya anda mendengar betapa pentingnya untuk menambahkan link website anda di setiap Social Media yang anda miliki. Link yang anda tambahkan di akun sosial anda ini dikenal dengan istilah ‘social profile link’.

Selain menaruh social profile link, anda juga dapat memposting konten baru anda ke Sosial Media seperti Twitter dan Facebook untuk meningkatkan trafik ke situs web anda sekaligus mendongkrak rangking pencarian. Nilai plus lagi jika follower anda ikut membagikan konten anda dengan meng-klik tombol share sehingga berpotensi untuk menghasilkan lebih banyak trafik gratis lagi.

Jangan terlalu banyak promosi untuk meningkatkan Engagement

Seringkali para developer website banyak memberikan tautan di akun Social Media nya untuk mengarahkan audiens Social Media menjadi audiens websitenya. Padahal link website tersebut sudah ditambahkan di Social Profil Link-nya. Sebenarnya cara tersebut tidaklah salah. Hanya saja kurang efesien untuk kenyamanan audiens di Social Media.

Cobalah untuk membuat konten yang khas di Social Media. Bahas topik utama secara garis besarnya saja. Hal ini dilakukan agar audiens penasaran dan ingin tahu lebih banyak lagi dengan konten yang anda buat. Akhiri bahasan dengan call to action. Maka dengan cara ini audiens akan langsung mengunjungi halaman website anda dengan sendirinya.

Bagikan konten yang supershareable

Yang dimaksud konten yang supershareable disini adalah konten yang mampu membuat audiens untuk men-share konten tersebut, walaupun isi konten belum dibaca oleh audiens. Memang, untuk membuat konten seperti ini tergolong tricky. Pointnya, pilih judul yang sangat menarik, lengkapi konten dengan foto atau video yang juga menarik dan mengundang banyak audiens. Dengan langkah ini, maka konten yang anda buat akan berpeluang besar untuk dire-share.

Tambahkan Icon Social Media di halaman Website anda

Satu hal lagi yang merupakan langkah penting untuk optimalisasi website anda melalui Social Media. Jangan lupa untuk menambahkan ikon Social Media anda pada halaman website yang anda buat. Hal ini untuk memudahkan komunikasi anda dengan audiens.

Menarik bukan? Ayo tunggu apa lagi, segera buat Social Media untuk bisnis anda dan lakukan  cara ampuh untuk meningkatkan trafik website yang sudah kami berikan hanya untuk anda.