Bertepatan dengan peristiwa gerhana matahari beberapa hari lalu, Google resmi meluncurkan sistem operasi Android terbaru dengan nama “Oreo”. Director Product Management Android Sagar Kamdar mengungkapkan bahwa nama Oreo terinspirasi dari banyaknya enginer mereka yang lembur sambil menikmati Oreo. Patung icon Android Oreo pun didirikan di Manhattan di seberang Pasar Chelsea, tempat pabrik Nabisco asli berada dimana Oreo pertama kali ditemukan.

Android Oreo dilengkapi dengan fitur picture-in-picture (PIP) dan Autofill, Sistem operasi ini juga dilengkapi dengan titik notifikasi baru, yang akan memungkinkan pengguna melihat hal baru pada aplikasi dan memutuskan tindakan yang akan diambil. Selain itu Android Oreo juga menghadirkan tidak kurang dari 60 emoji baru dengan desain yang semakin menarik.

Perbaikan juga difokuskan pada penggunaan baterai, dengan tujuan untuk mengurangi penggunaan baterai berlebih dan memberikan masa pakai baterai yang lebih baik untuk  smartphone  yang menjalankannya. Misalnya Google akan membatasi aplikasi yang berjalan secara diam-diam. Ada juga fitur copy-and-paste baru, dimana ketika pengguna menyoroti suatu teks, secara otomatis Android akan mendeteksi apakah itu alamat atau suatu kata benda.

Operator seluler kini tengah menguji versi Android Oreo untuk perangkat Pixel, Nexus 5X, dan Nexus 6P yang diperkirakan akan segera dirilis secara bertahan. Google juga mengumumkan sejumlah smartphone dari produsen seperti HMD Global, HTC, Kyocera, Huawei, Essential, LG, Motorola, Samsung, Sharp, dan Sony juga akan menerima update Android 8.0 Oreo tersebut pada akhir tahun ini.

Akhir kata itulah seputar sistem operasi Android terbaru yaitu Android Oreo dan beberapa fitur menarik yang dihadirkan oleh Android Oreo. Semoga artikel di atas bermanfaat dan nantikan update Android Oreo di smartphone anda.